Jawaban Soal Essay Analisis Data Bab 6 Informatika by Zahran OBI - SMP Labschool Jakarta 7A

 Essay Bab 6 Informatika Kelas 7 SMP Labschool Jakarta

by Zahran OBI #31

 

1.      Tujuan mempelajari Analisis Data?

 

Untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat  digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses menganalisis data mencakup mencari pola, kesamaan, peíbedaan, kecenderungan (tren), atau hubungan lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola ini

 

2.      Bagaimana mengolah data menjadi sebuah informasi yang lebih berguna?

 

Di dalam pengolahan data baik secara manual maupun dengan komputerisasi terdiri dari tiga tahapan dasar yaitu input, proses, output.

Dan tiga tahapan dasar tersebut dapat dikembangkan menjadi :

                 i.          Orginating-Recording (Pencatatan)

                ii.         Classifiying (Klasifikasi)

              iii.          Sorting (Penyusunan)

              iv.          Calculating (Perhitungan)

               v.         Summarizing (Penyusunan Laporan)

              vi.          Storing (Penyimpanan)

             vii.         Retrieving (Pencarian)

           viii.          Communicating (Komunikasi )

              ix.          Reproducing (Penggandaan )

Secara komputerisasi, hal-hal diatas salah satunya bisa dilakukan dengan aplikasi worksheet, contohnya Microsoft Excel.

 

3.      Apakah kalian tahu bahwa data itu banyak jenisnya? Jelaskan!


Berikut ini adalah jenis-jenis data yang dikelompokan berdasarkan parameter yang ada seperti sifat data, sumber data hingga waktu pengambilan data:

 

i. Data Berdasarkan Sifat

Ada dua jenis data yang membedakan data ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
Dua jenis data tersebut kerap dipergunakan dalam penelitian karena kedua data tersebut dapat saling melengkapi.
Data kualitatif biasanya berbentuk pernyataan, gambar bahkan simbol. Sedangkan data kuantitatif lebih ke arah pernyataan dalam jumlah bilangan atau angka.

 

 

ii. Data Berdasarkan Sumber

Anda pasti setuju bahwa data bisa bersumber dari mana saja. Faktanya, sumber data memang dapat dijadikan parameter dari jenis data. Jenis data berdasarkan sumber terbagi 2 yaitu data primer dan data sekunder. Data primer atau data asli adalah data langsung dari objek atau sumbernya. Sedangkan data sekunder atau data tambahan berasal dari sumber-sumber diluar objek seperti jurnal, buku, mediai dan masih banyak lagi.

 

ii. Data Berdasarkan Waktu

Data berdasarkan waktu dibagi menjadi 2 yaitu data berkala dan data cross section. Ini diambil secara berkala di waktu yang telah di tetapkan seperti data closing supermarket, data survei penduduk dan masih banyak lagi. Sedangkan data cress section bisa diartikan data yang terkumpul dalam waktu tertentu seperti data hasil ujian masuk perguruan tinggi dan sejenisnya.

 

4.      Apakah yang dimaksud dengan proses analisis data?

 

Proses analisis data melibatkan pengumpulan semua informasi, memproses, Analisa,  menjelajahi, dan menggunakannya untuk menemukan pola dan wawasan lainnya hingga terciptanya sebuah kesimpulan yang dapat dipelajari.

Proses analisis data sebenarnya dimulai jauh sebelum pengumpulan data mentah. Faktanya, analisis data selalu dimulai dengan masalah yang harus dipecahkan, yang perlu didefinisikan. Masalahnya ditentukan hanya setelah kita berfokus pada sistem yang ingin dipelajari. Secara umum, sebuah penelitian dilakukan untuk memahami alur sebuah sistem dan menemukan masalah-masalah yang akan timbul dan mengganggu alur tersebut. Hal termudah adalah dengan dibantu aplikasi computer.

 

 

5.      Coba kamu jelaskan versi pemikiranmu apa itu data?

 

Data adalah sekumpulan keterangan ataupun fakta yang dibuat dengan kata-kata, kalimat, simbol, angka, dan lainnya.

Data disini didapatkan melalui sebuah proses pencarian dan juga pengamatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu. Adapun pengertian lain dari data yaitu sebagai suatu kumpulan keterangan atau deskripsi dasar yang berasal dari obyek ataupun kejadian.

Data ini menjadi sumber informasi sebagai sarana pengambil keputusan lebih lanjut. Misal, mengetahui berapa banyak jumlah anak lelaki atau perempuan di SMP Labschool, sehingga bisa menjadi dasar penjualan celana/rok seragam yang tepat.

 

6.      Sebutkan satuan ukuran data yang kamu ketahui!

         Data yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB             dengan ekuivalensi sebagai berikut.

 

Unit

Ekuivalensi

1 kilobyīe (KB)

1,024 byīes

1 megabyīe (MB)

1,048,576 byīes

1 gigabyīe (GB)

1,073,741,824 byīes

1 īerabyīe (TB)

1,099,511,627,776 byīes

1 peīabyīe (PB)

1,125,899,906,842,624 byīes

 

Kapasitas penyimpanan data bisa dipakai sebagai acuan saat kita meny8impan files dalam computer. Sehingga bisa diukur besar kecilnya files yang bisa disimpan dalam suatu storage computer atau hardware system.

 

7.      Apa itu analisis data?

 

Analisis data merupakan proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

  

8.      Apa itu Interpretasi Data?

 

Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu; interpretasi juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna. Prosesnya ialah dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

 

 

9.      Sebutkan  Perkakas Pengolah Lembar Kerja!

 

Terdapat banyak aplikasi / software pengolah lembar kerja, yang paling tren adalah MS Excel. Didalamnya tedapat perkakas / tools dalam pengolah lembar kerja.

 



Contoh perkakas pengolah lembar kerja misalnya:

 

i.        Worksheet

ii.      Freeze Panes

iii.     Auto Sum

iv.     Sorting Data

v.      Filter

vi.     Pivot

vii.   Freeze Panes

 

10.   Sebutkan 5 Pengolahan Data Dasar!

 

i.               Sum and Count

ii.              SUMIF

iii.             COUNTIF

iv.            Operator Aritmetika

v.              Date & Time

 

 

11.   Apa yang dimaksud dengan duplikasi data?

 

Duplikasi adalah perulangan, perangkapan atau keadaan rangkap. Data duplikasi (duplicate data) dan data rangkap (redundant data) merupakan kondisi dimana satu atribut memiliki dua atau lebih nilai yang sama, hanya saja pada data rangkap apabila nilai tersebut dihapus tidak akan ada informasi yang hilang dengan kata lain data rangkap merupakan data duplikasi yang tidak perlu terjadi.  Apabila sudah terlanjut memiliki data yang mengandung duplikasi, kalian dapat melakukan penghapusan data.

 

 

 

12.   Apa yang dimaksud dengan Worksheet?

 

Worksheet adalah sebutan untuk lembar kerja dalam spreadsheet untuk mengelola dan mengolah data. Dalam worksheet, Anda dapat membuat tabel, grafik, dan laporan yang dapat digunakan untuk menganalisis dan menyajikan data.

 



 

13.   Bagaimana cara melakukan pengurutan/sorting Data?

 

Sorting/pengurutan dapat dilaku- kan untuk data angka maupun teks. Pengurutan juga dapat dilakukan berdasarkan satu atau beberapa kondisi.

Contohnya, kita akan menggunakan data jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia berdasarkan kebangsaan pada tahun 2017, maka dilakukanlah sorting data berdasarkan negara, jenis kelamin, dll..            

        


            



 14.   Bagaimana cara melakukan filtering/penyaringan data tertentu?

 

Fitur Filtering ini dapat digunakan apabila data yang ingin ditampilkan memenuhi kriteria tertentu saja tanpa menghapus data yang lainnya.

       


    

                         

15.   Apa itu Validasi data (data validation)?

 

Validasi data (data validation) adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yang dimasukkan ke dalam lembar kerja. Data yang dimasukkan oleh pengguna dapat dibatasi berdasarkan syarat tertentu. Data yang tidak memenuhi syarat tidak dapat di-input.

 



 16.   Apa yang dimaksud dengan Share data?

 

Share data yang dimaksud adalah data hasil pengolahan di Worksheet dapat dibagikan secara cetak (print) atau disalin ke aplikasi lainnya (copy). Unutk keamanan data yang di share bisa juga di proteksi dengan password tertentu, sehingga aman atau sharing ke orang tertentu saja.


 

17.   Apa yang dimaksud dengan Print Title?

 

Seringkali kita memiliki dokumen worksheet yang saat dicetak lebih dari saty halaman. Misalkan dokumen tersebut berbentuk tabel. Biasanya judul tabel, hanya akan tercetak pada halaman pertama saja. Halaman selanjutnya tidak. Padahal keberadaan judul tersebut penting untuk memahami data yang ada.

Untuk itu judul tersebut perlu diulang di setiap page, atau halaman sebagai header tabel. Nah, di Microsoft Excel sudah menyediakannya.
 

 

Contohnya:

Obi akan membuat baris 1-3 untuk selalu berulang ke bawah dan kolom A untuk selalu berulang ke samping. maka hasilnya akan tampak saat di print, dimana judul worksheet nya tertera selalu di tiap halaman.


 

 18.   Bagaimana cara meng-copy data?

 

Data yang sudah dibuat dalam workbook ini dapat di-copy juga di dokumen lainnya. Ada 2 cara untuk melakukan copy dokumen, yaitu menggunakan paste dan paste link. Jika menggunakan pasīe biasa, apabila datanya berubah di workbook, di dokumen salinan (hasil copy-nya) pun harus diubah satu per satu. Jika menggunakan paste link, kalian hanya perlu update table- nya saja. Untuk paste link akan dibahas kemudian.

  

 

19.   Apa yang dimaksud dengan Protect?

 

Kita dapat mengamankan dokumen kalian dengan password.
Kita bisa memilih yang diamankan apakah hanya sheeī tertentu saja atau keseluruhan workbook.

 

 

 


     20.   Bagaimana cara melakukan Analisis Data Unplugged (tanpa komputer)?

 

Kita dapat tetap belajar analisis data secara unplugged (tidak memakai komputer). Caranya, misal dengan menyimulasikan lembar kerja dalam selembar kertas manila  dan dengan menggunakan sticky noīes.

 Jika suatu saat kita kena mati listriknya, kita cob acara diatas, walaupun sebenarnya akan dapat mengerjakan lebih cepat karena komputer yang akan membantu menghitung di kemudian hari.

Misal:

Terdapat transaksi jual/beli untuk mata uang asing terhadap mata uang rupiah yang dilakukan oleh beberapa siswa. Kalian akan diminta untuk menghitung hasil tukarnya dalam nilai rupiah dan melakukan analisis data sederhana. Semua aktivitas ini dilakukan secara unplugged dengan membuat simulasi Worksheeī pada kertas.

Kita perlu membuat simulasi worksheeī dengan menggunakan kertas manila dengan membuatnya menjadi seperti matriks berukuran 10 kolom x 11 baris.

 

Kolom diberi nama A sampai J, dan baris diberi nomor 1 sampai 11, seperti yang tampak pada gambar di bawah. Setelah itu, kita  juga perlu menyiapkan sīicky noīes. Sīicky noīes digunakan untuk menuliskan formula dan hasil dari formula. Formula akan ditulis pada sīicky noīe bagian bawah, sedangkan hasil dari formula akan dituliskan pada sīicky noīe bagian atas. Dengan demikian, nantinya, setiap cell yang perlu kalian kerjakan akan berisi 2 lembar sīicky noīes yang saling bertumpuk. Misalnya, sticky note bagian bawah berisi =5*5 dan sīicky noīe yang atas berisi 25 sebagai hasil dari perhitungan formula pada sīicky noīe bawahnya.

Nah, terus kita tuliskan data berikut pada simulasi worksheet yang sudah dibuat.

 









        Perhatikan kolom C - Jual/Beli, karena akan memengaruhi nilai tukarnya. Tampilkan data         dengan 2 digit di belakang koma.


 Demikianlah semoga bermanfaat..

 

Salam Labschool!!  31-Jan-2023

Zahran OBI




 

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog